Resep Kue Pukis Sederhana Enak Ala Abang Abang

Kue pukis adalah kue yang berasal dari daerah Banyumas, kue yang memiliki tekstur lembut dan empuk ini banyak digemari orang, kue pukis lebih enak jika disajikan dalam keadaan hangat sehingga kue akan terasa lebih empuk dibanding saat disajikan dalam keadaan dingin. Rasa kue pukis yang lezat sangat tidak sesuai dengan bahan dan cara membuat kue pukis yang sanagt mudah. Resep kue pukis ini hanya memerlukan bahan bahan sederhana yang ada di sekitar anda, cara pembuatannya pun simpel dan cepat. Agar lebih meyakinkan silahkan anda baca ulasan tentang resep kue pukis berikut ini :

1. Bahan
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 180 ml santan kelapa
  • 3 butir telur ayam
  • ½ sendok makan ragi instan
  • 60 ml air putih hangat
  • Taburan : mesis, keju parut, kismis, sukade atau bahan lain sesuai selera

2. Alat
  • Mixer
  • Wadah untuk membuat adonan
  • Cetakan kue pukis

3. Cara membuat
  1. Masak santan kelapa hingga mendidih, saat memasak santan gunakan api kecil dan terus diaduk agar santan tidak pecah dan menghilangkan protein ada santan. Setelah mendidih angkat dan diamkan sampai dingin.
  2. Campurkan ragi instan dengan air hangat, kocok hingga ada buihnya.
  3. Masukkan telur dan gula pasir pada wadah yang berbeda, kocok bahan tersebut menggunakan mixer berkecepatan tinggi, hingga adonan menjadi putih tanda adonan sudah mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam telur dan gula yang telah di mixer tadi, ayak tepung agar tidak menjadi gumpalan.
  5. Setelah tepung tercampur rata tambahkan ragi yang sudah dicampur dengan air tadi.
  6. Masukkan santan matang ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, campur santan hingga benar benar menyatu dengan adonan tadi.
  7. Diamkan adonan pukis selama 15 menit agar adonan mengembang.
  8. Panaskan cetakan kue pukis di atas kompor, olesi cetakan kue pukis dengan margarin agar saat pemanggangan tidak lengket dan gosong.
  9. Setelah cetakan panas tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai ¾ cetakan. Gunakan api sedang saat memanggang. Ini dimaksudkan agar saat dipanggang kue pukis dapat mengembang kembali.
  10. Taburi toping seperti kismis, mesis, sukade atau bahan lain kesukaan anda.  Setelah itu baru tutup dan tunggu hingga matang. Kurang lebih 10-15 menit.
  11. Angkat kue pukis dan keluarkan dari cetakan, kue pukis pun siap disajikan dalam piring saji.

Resep kue pukis yang sudah dijelaskan di atas tentu sangat mudah bukan? Tips yang harus anda ingat dalam resep kue pukis di atas adalah mendiamkan adonan selama 15 menit, karena jika tidak didiamkan terlebih dahulu kue pukis bisa tidak mengembang saat dipanggang. Selain itu api juga sangat mempengaruhi volume kembang kue pukis ini. gunakan api sedang karena jika menggunakan api besar kue pukis tidak akan mengembang secara sempurna dan akan cepat gosong sehingga rasa kue pukis pun menjadi pahit.

Jika sudah mengetahui dengan jelas resep kue pukis di atas anda bisa segera mencoba membuat kue pukis ini sendiri di rumah dan disajikan untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba resep kue pukis empuk dan lezat dan semoga berhasil.
Labels: Resep

Thanks for reading Resep Kue Pukis Sederhana Enak Ala Abang Abang. Please share...!

Back To Top