5 Cara Mengambil Objek Photography Dan Video Menggunakan Kamera HP

Setiap kali orang mengambil gambar atau sebuah objek photography dan video https://fastwork.id/photography-video, pastinya menginginkan hasil yang bagus. Namun, jika anda beranggapan bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus harus menggunakan kamera mahal atau tipe DSLR, tentu anggapan ini tidak benar. Nyatanya, ada banyak foto berkualitas yang dihasilkan justru dari kamera ponsel atau HP. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan hasil photography dan video yang memuaskan dari kamera HP dibutuhkan tips dan trik khusus. Untuk anda yang tertarik mencoba atau ingin meningkatkan kualitas hasil foto dari kamera HP, bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Ketahui Kualitas Kamera HP Yang di Gunakan
Ada beragam jenis HP dengan kualitas kamera yang berbeda-beda saat ini, mulai dari yang beresolusi rendah hingga tinggi. Untuk anda yang masih dalam tahap belajar dan pemula dalam dunia photography dan video, tidak mengapa jika memulainya dengan kamera yang low-end terlebih dahulu, karena dari segi kebutuhan fotografi pemula sudah cukup terpenuhi. Gunakan kreatifitas anda untuk bisa mengotak-atik beberapa fitur yang terdapat pada bagian kamera seperti tingkat kecerahan, kontras, shooting mode, penambahan bingkai dan lainnya. Jika anda mahir dan kreatif memaksimalkan peran fitur yang ada, hasil tangkapan kamera yang anda dapat bisa jadi hasilnya semakin bagus.

2. Jangan Lupa Rule of Thirds
Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika mengambil gambar adalah penempatan objek yang pas. Khususnya bagi pemula yang belum mahir dalam menempatkan objek utama, untuk mengatasi masalah ini jangan lupa gunakan komposisi Rule of Thirds. Saat memakai Rule of Thirds, layar akan menunjukkan garis horizontal dan vertikal yang terbagi menjadi beberapa bagian. Pada sebagian kamera HP sudah ada yang dilengkapi dengan fitur ini. Pemakaian Rule of Thirds sangat memudahkan anda dalam menemukan posisi objek utama foto yang sesuai dengan keinginan.

3. Atur Pencahayaan
Faktor penting lainnya yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan hasil foto adalah pencahayaan. Untuk pengambilan foto di ruang terbuka, bisa memanfaatkan cahaya alami seperti sinar matahari, namun untuk ruang tertutup yang minim cahaya biasanya menggunakan lampu atau flash kamera. Jika cahaya alami yang ada disekitar objek terlalu terang, maka cara mensiasatinya adalah dengan memilih angel foto dari berbagai sudut untuk menemukan pencahayaan yang pas.

4. Jaga Kebersihan Lensa
Bagian lensa kamera memang sensitif dan perlu perhatian yang lebih, pasalnya bagian ini menentukan hasil foto serta berpengaruh terhadap kenyamanan dan kemudahan saat memotret. Untuk itu, jaga selalu kebersihannya. Akan lebih baik untuk dibersihkan secara rutin atau setiap kali lensa terlihat kotor. Gunakan kain lap lembut serta pembersih khusus lensa untuk tetap menjaga kebersihan dan kualitas lensa kamera ponsel anda.

5. Atur Jarak
Ada sebagian orang yang memaksakan untuk menggunakan zoom ketika menangkap objek yang jauh jaraknya dari kamera. Padahal, cara ini kurang tepat terlebih untuk penangkapan objek photography dan video memakai kamera HP, dimana resolusi kameranya masih rendah dan tidak sehebat kamera DSLR. Foto yang di zoom akan menghasilkan foto yang kurang jelas atau pecah. Akan lebih baik jika memilih cara dengan mangatur jarak yang lebih dekat ke objek serta memenuhi layar dengan objek utama. Hal ini bisa jadi akan mengasilkan foto yang jauh lebih bagus dan keren! Selamat mencoba.
Labels: Photography

Thanks for reading 5 Cara Mengambil Objek Photography Dan Video Menggunakan Kamera HP. Please share...!

Back To Top