Mengenal Jenis-Jenis Produk Properti Indonesia dan Tips Memilih Properti yang Tepat

Seiring dengan semakin majunya zaman, menjadikan bisnis properti semakin banyak dilirik oleh masyarakat. Sebab bisnis properti tersebut bisa menjadi salah satu cara investasi yang menguntungkan di masa yang akan datang. Selain itu harga properti yang cenderung melonjak setiap tahunnya tentu akan membuat siapa saja tergiur untuk menekuni bidang bisnis properti. Di Indonesia, bisnis properti mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Bahkan pembangunan properti Indonesia juga kian meluas tidak hanya terpusat di kawasan perkotaan saja namun juga pedesaan. Bagi anda yang berencana mencari properti untuk hunian atau keperluan lainnya maka pertimbangkan pula dari sisi bisnisnya. Agar nantinya properti yang anda miliki bisa menjadi investasi yang menguntungkan ketika dijual kembali.

Jenis-Jenis Produk Properti Indonesia
Bila mendengar istilah properti maka pasti yang akan langsung muncul dalam pikiran anda adalah bangunan rumah, apartemen maupun ruko. Hal tersebut memanglah betul namun perlu anda ketahui bahwa ternyata jenis produk produk properti tidak hanya bangunan rumah dan apartemen saja melainkan terdapat jenis lainnya. Sebelum anda berencana ingin membeli properti maka ketahui terlebih dahulu jenis-jenis properti Indonesia diantaranya sebagai berikut.

1.    Residensial atau Hunian
Jenis properti Indonesia  yang satu ini memang banyak dijual dan diminati saat ini. Hal tersebut tak bisa terlepas dari peran hunian sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Selain itu, permintaan terhadap produk hunian juga kian meningkat seiring dengan semakin sulitnya mencari lahan yang layak untuk pembangunan rumah terutama di kawasan perkotaan. Untuk jenis properti berupa residensial ini selain perumahan juga terdapat pula apartemen, villa, kondominium, rumah susun dan asrama mahasiswa.

2.    Bangunan Komersil Sebagai Tempat Usaha
Jenis produk properti selain berupa hunian juga terdapat pula bangunan komersil yang dijadikan sebagai tempat usaha. Dimana bangunan komersil yang dimaksud kali ini adalah pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, ruko hingga gedung perkantoran. Pastinya bangunan komersil ini memiliki propesk bisnis yang sangat bagus. Terlebih jika lokasi bangunan tersebut berada di kawasan yang ramai maka harga sewa atau jual bagunan juga kian melambung.

3.    Bangunan Industri dan Agrobisnis
Jenis produk properti yang satu ini misalnya saja bangunan industri pabrik yang ternyata merupakan salah satu jenis properti. Biasanya developer mengembangkan bangunan pabrik untuk dijual kepada pengusaha. Tak hanya pabrik saja, jenis bangunan industri yang termasuk dalam kategori properti yaitu bangunan untuk kegiatan agrobisnis yang meliputi usaha perkebunan, peternakan dan pertanian. Biasanya angunan agrobisnis dibutuhkan oleh pengusaha yang bergerak dalam bidang agrobisnis sehingga dapat menunjang aktivitas pabrik tersebut.

4.    Bangunan untuk Penelitian
Produk properti berikutnya yaitu berupa bangunan yang dipakai untuk kegiatan penelitian. Biasanya produk properti ini diperlukan oleh instansi akademis sebagai sarana penunjang untuk kegiatan belajar maupun penelitian.

5.    Properti untuk Tujuan Khusus
Produk properti yang dimaksud kali ini merupakan produk properti yang memang khusus dibuat untuk menunjang kebutuhan masyarakat seperti tempat ibadah, sekolah, terminal, stasiun, bandara dan lain sebagainya.

Tips Memilih Properti yang Tepat
Setelah mengetahui jenis-jenis produk properti Indonesia, selanjutnya jika anda berencana ingin membeli produk properti tersebut maka sebaiknya lakukan pertimbangan secara seksama. Dimana pertimbangan tersebut sangat penting agar produk properti yang anda beli tepat dan menguntungkan jika ingin dijadikan investasi. Untuk membantu anda memilih produk properti yang tepat maka berikut ini beberapa tipsnya.
1.    Tentukan Tujuan dan Cek Kondisi Keuangan
Sebelum anda membeli properti maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu apa tujuan anda membeli properti tersebut. Jika anda ingin membelinya untuk dipakai sendiri maka pastikan memilih properti sesuai kebutuhan lalu sesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Namun bila ingin dijadikan investasi untuk dijual atau disewa maka silakan memilih properti yang sudah terawat dengan baik agar anda tidak mengeluarkan biaya yang lebih untuk perawatannya.

2.    Tipe Properti
Karena terdapat banyak jenis produk properti maka silakan pilih produk properti yang anda butuhkan lalu tentukan tipenya. Misalnya saja untuk rumah memiliki beberapa tipe yang akan berpengaruh pada harga dan perawatannya.

3.    Cek Kondisi Properti
Sebelum menyetujui pembelian properti, silakan cek terlebih dahulu produk properti tersebut mulai dari usia bangunan, kondisi lantai, dinding, atap, listrik, air, pembuangan hingga saluran udara. Pengecekan kondisi properti sangat penting agar nantinya anda tidak mengeluarkan budget yang besar untuk perawatan.

4.    Lokasi
Pastikan memilih properti yang berada di lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis akan memudahkan akses menuju ke beberapa tempat penting sehingga lebih hemat waktu, tenaga dan biaya transportasi.

5.    Legalitas Dokumen
Pastikan properti yang akan anda beli sudah memiliki dokumen sertifikat bangunan, IMB, serta bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Selain itu pastikan nama yang tertera pada sertifikatnya merupakan nama penjual lalu cek apakah terdapat tunggakan pembayaran PBB atau tidak.

6.    Cek Harga
Lakukan pengecekan harga properti tersebut di pasaran untuk mengetahui harga standarnya. Selanjutnya lakukan negosiasi untuk memperoleh kesepakatan harga.
Itulah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis produk properti Indonesia dan tips untuk memilih properti tersebut. Memiliki properti merupakan sebuah kebanggaan namun pastikan anda membelinya secara cermat agar properti tersebut semakin menguntungkan dan kualitas bangunannya lebih tahan lama.
Labels: Properti

Thanks for reading Mengenal Jenis-Jenis Produk Properti Indonesia dan Tips Memilih Properti yang Tepat . Please share...!

Back To Top