Proses Dari Pembelian Tiket Kereta Jakarta Jogja Hingga Duduk Dalam Kereta

Kereta api menjadi moda transportasi umum yang memiliki banyak penggemar, entah untuk perjalanan jarak dekat atau jarak jauh seperti dari Jakarta ke Jogja. Dengan harga yang relatif murah, kereta api menawarkan keberangkatan yang tepat waktu, nyaman, cepat dan bebas macet. Walaupun begitu, tidak sedikit masyarakat yang masih merasa kebingungan ketika memesan tiket kereta, terutama untuk mereka yang baru pertama kali naik kereta api setelah adanya pemberlakukan prosedur check in dengan mencetak boarding pass terlebih dahulu.

Pengen tahu gimana caranya proses pembelian tiket kereta api, terutama ketika membeli secara online di Mister Aladin sebagai salah satu online travel agent di Indonesia hingga anda duduk di kereta api? Simak penjelasannya di bawah ini.
•    Pesan tiket
Misalnya saja anda berencana pergi ke Jogja dari Jakarta, maka yang perlu anda lakukan adalah memasukkan kota Jakarta sebagai kota asal (kota keberangkatan) dan Jogja sebagai kota tujuan (kota kedatangan). Lalu anda tinggal pilih kapan anda akan berangkat, untuk pemesanan tiket kereta api, dari PT KAI memberikan kemudahan untuk dapat membeli tiket kereta hingga 90 hari kedepan.

Kemudian isi jumlah penumpang. Setelah seluruh informasi telah selesai diisi, maka tinggal klik “search” dan Mister Aladin akan membawa anda ke halaman baru berisi berbagai jenis kereta api dan juga jam keberangkatannya. Anda tinggal memilih kereta api mana yang anda inginkan dan jam berapa. Kemudian anda akan diminta melakukan pembayaran. Ada berbagai metode pembayaran yang bisa anda pilih seperti transfer ATM, virtual account, kartu kredit dan lain sebagainya. Ketika proses pembayaran sudah dikonfirmasi maka tiket kereta Jakarta Jogja anda akan segera dikirim ke email anda.

•    Cetak boarding pas
Anda bisa mencetak tiket yang sudah dikirim ke email anda atau tidak. Cara paling mudah memang mencetaknya, namun bila anda tidak ingin ribet mencetaknya maka anda tinggal membuka email tersebut ketika akan mencetak boarding pass. Untuk mencetak boarding pass, anda harus datang ke stasiun kereta api, nantinya anda tinggal memasukkan kode booking atau men-scan QR code yang ada pada tiket kereta anda.

Pastikan anda datang ke stasiun pada hari H setidaknya satu jam sebelumnya, karena ada kemungkinan antrian yang panjang untuk mencetak boarding pass. Dalam boarding pass terdapat nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta yang digunakan dan juga nomer perjalanan.

•    Menunjukkan boarding passdan identitas diri pada petugas
Selanjutnya anda tinggal menunjukkan boarding pass yang sudah anda cetak sebelumnya dan identitas diri yang anda gunakan untuk membeli tiket kereta api. Jika identitas diri dan boarding pass sudah selesai, maka anda akan dipersilahkan masuk ke ruang tunggu kereta. Jangan lupa untuk menyimpan boarding pass dan tidak membuangnya karena nantinya di dalam kereta anda tetap anda diminta untuk menunjukkannya sebagai bukti anda menaiki kereta yang benar dan bukan penumpang gelap.

    Sangat mudah bukan membeli tiket pesawat di Mister Aladin dan segala prosesnya hingga akhirnya anda menyelesaikan mencetak boarding pass dan duduk manis di dalam kereta? Kalau anda ingin mendapatkan harga tiket yang lebih murah lagi, anda bisa memanfaatkan berbagai promo yang disediakan oleh Mister Aladin lho. Sering-sering aja cek situs Mister Aladin agar tidak ketinggalan promo-promo menarik seperti diskon tiket kereta api ataupun diskon tiket pesawat.
Labels: Wisata

Thanks for reading Proses Dari Pembelian Tiket Kereta Jakarta Jogja Hingga Duduk Dalam Kereta. Please share...!

Back To Top