Tips Penggunaan Plester Perekat dan Pencegahan Luka

Pernahkah Anda mengalami luka sayat ataupun baret? Jika iya, bagaimanakah rasanya? Pasti perih bukan? Nah, ketika Anda mengalami luka ini, sebaiknya segera lakukan tindakan medis berupa pertolongan pertama pada kecelakaan. Khusus luka ini termasuk ringan sehingga dengan pengetahuan P3K, Anda dapat mengobatinya sendiri.
Pastikan untuk menyimpan plester perekat yang aman seperti Hansaplast di kotak P3K Anda. Untuk informasi lebih jelasnya mengenai cara merawat luka sayat dan baret sila pahami di laman  https://www.id.hansaplast.co.id/bantuan-instan/kesehatan-dan-perlindungan/luka-sayat-dan-baret.

Terlebih dulu, bersihkan luka Anda dengan air yang mengalir. Kemudian, keringkan luka. Terakhir, balut luka tersebut dengan hansaplast plester. Pastikan untuk memilih hansaplast sesuai ukuran luka supaya pas menutupinya. Ada tiga alasan mengapa luka kecil tersebut harus segera ditutup dengan plester perekat yang aman. Pertama, untuk melindungi luka dari kuman yang akan berpotensi menginfeksi. Kedua, untuk menghentikan pendarahan. Ketiga, untuk memberikan rasa nyaman supaya luka tidak bergesekan dengan permukaan lain.

Luka baret dan sayat tidak pernah direncanakan. Jika disuruh memilih, pasti tidak ada yang ingin mengalaminya. Maka dari itu, penting bagi Anda dan orang-orang sekitar untuk berperilaku lebih hati-hati sekaligus menerapkan tips pencegahan luka dibawah ini.

Tips pertama yaitu ketika Anda tengah melakukan kegiatan bercocok tanam di kebun, gunakanlah pelindung dan berhati-hati dalam menggunakan peralatan yang tajam. Kedua, saat di dapur dan memotong sayuran atau daging, potonglah ke arah yang menjauh dari tubuh Anda.

Ketiga, ketika memberikan gunting pada orang lain, berikanlah gunting tersebut dengan posisi ujung yang tajam diletakkan pada arah yang berlawanan dengan si penerima. Keempat, ketika sudah berhati-hati, kecelakaan mustahil untuk dihindari.

Jadi, pastikan untuk memiliki kotak obat disertai obat-obat dan peralatan yang lengkap seperti Hansaplast roll untuk merekatkan kassa atau perban, kassa atau perban untuk membalut luka, sarung tangan latex untuk menghindari risiko penularan penyakit, dan plester dengan berbagai ukuran untuk menutup luka.

Nah, itulah cara penggunaan plester perekat yang aman dan tips pencegahan luka sehari-hari. Pastikan untuk menerapkannya ya!
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Tips Penggunaan Plester Perekat dan Pencegahan Luka. Please share...!

Back To Top