Tips Perawatan untuk Lampu Mobil Agar Tetap Terang dan Awet

Saat berkendara di malam hari, penerangan menjadi hal yang sangat penting untuk membuat Anda tetap awas meski melalui jalan yang gelap. Bukan hanya lampu jalan saja yang dibutuhkan namun terlebih lagi adalah lampu mobilnya yang selalu memberikan penerangan dimanapun mobil Anda melaju. Head lamp memiliki fungsi yang sangat penting untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Karena itu, kondisi head lamp haruslah dijaga agar selalu bersih sehingga memberikan cahaya yang terang. Namun seiring penggunaan lampu, headlamp bisa menjadi buram dan cahaya yang dihasilkan menjadi terhalang. Untuk itu Anda perlu melakukan perawatan berkala agar lampu mobil bisa terang seperti sedia kala.

Cara Menjaga Kebersihan Lampu Mobil

Untuk melakukan perawatan berkala bagi lampu kendaraan Anda, perlu diketahui apa saja yang biasanya menjadikannya kurang bercahaya. Seiring dengan penggunaan mobil yang melewati berbagai jenis medan dan lokasi head lamp yang berada di bagian depan tanpa pelindung apapun, menjadikannya rawan akan menempelnya kotoran. Baik debu, lumpur maupun kotoran lainnya mudah menempel pada head lamp dan menjadikan cahaya lampu tertahan dan memberikan penerangan yang buram. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan dengan cara menjaga kebersihannya yang bisa dilakukan dengan cara-cara berikut :
  • Cuci kaca mobil setelah mobil terguyur hujan atau melalui medan yang penuh debu dan kotoran.
  • Jika sela-sela lampu mobilnya dan body memiliki ruang yang memungkinkan kotoran masuk, tempelkan isolatif bening untuk menutupnya.
  • Memilih tempat parkir yang terhindar dari debu jalanan dan sinar matahari langsung akan baik untuk perawatan head lamp mobil Anda. Bisa juga dengan cara menggunakan cover mobil untuk menutupi permukaan mobil jika harus parkir di tepi jalan.

Perawatan Agar Lampu Tetap Terang Seperti Baru

Selain memperhatikan kebersihan mobil dan head lamp khususnya, ada cara perawatan lainnya yang juga bisa Anda lakukan agar lampu depan mobil tetap terang seperti baru. Berikut ini adalah tips diluar kebersihan yang harus Anda terapkan sehari-hari :

1. Gunakan Lampu yang Tepat

Penggunaan daya lampu yang sesuai dengan ukuran seharusnya merupakan cara perawatan yang utama agar lampu depan mobil Anda awet lebih lama.

2. Cairan Anti UV atau WX

Untuk menjaga kualitas head lamp, Anda bisa menggunakan cairan anti uv ataupun wax yang bisa didapatkan dengan mudah di toko aksesoris kendaraan.

3. Perhatikan Kondisi Karet Penutup Lampu

Di bagian luar bohlam lampu terdapat karet penutup yang seiring usianya bisa menjadi getas atau kendur. Jika hal tersebut terjadi, segera ganti dengan yang baru agar menghindari masuknya debu atau kotoran ke dalam bohlam lampu Anda.

4. Seal Penutup Mika

Di bagian luar kap lampu juga terdapat seal atau pengunci mika. Perhatikan seal sesekali untuk memastikan kondisinya masih baik. Seal yang sudah longgar akan memungkinkan masuknya debu ke dalam rumah lampu.

Dengan tips-tips tersebut di atas, lampu mobil Anda bisa senantiasa bersih untuk memberikan pencahayaan yang maksimal. Selain untuk head lamp, Anda juga bisa memakai tips tersebut untuk merawat jenis lampu lainnya pada kendaraan misalnya lampu stop, lampu sign dan lampu sorot. Namun apabila lampu sudah mulai redup akibat pemakaian, maka jangan menunggu lama untuk segera mengganti bola lampu agar tidak padam saat Anda mengendarai mobil yang bisa berakibat fatal untuk menjaga keselamatan. Gantilah bohlam lampu dengan yang baru dan berkualitas agar awet dan terang saat digunakan.
Labels: Otomotif

Thanks for reading Tips Perawatan untuk Lampu Mobil Agar Tetap Terang dan Awet. Please share...!

Back To Top